MANAJEMEN PERUBAHAN

Proses penerapan perubahan perlu diselaraskan dan sesuai dengan organisasi. Model pendekatan tiga tahap akan digambarkan sebagai berikut.

Tahap 1: Pre-positioning organisasi – fase pertama fokus pada persiapan perubahan melalui komunikasi dengan staf dan stakeholder. Tahap ini memusatkan pada persiapan pengenalan perubahan kepada struktur organisasi dan pengadaan pelatihan kewaspadaan manajemen perubahan umum kepada staf. Tahap penting ini bertujuan mempersiapkan organiasi terhadap perubahan, memperoleh komitmen dari mereka yang terlibat dan mengatasi risiko yang akan terjadi.

Tahap 2: Penerapan rencana manajemen perubahan – tahap ini berfokus pada penerapan perubahan dengan pertimbangan rencana yang telah disetujui dan pertimbangan tujuan bisnis. Empat komponen perubahaan utama dari manajemen proyek, proyek enablement, kepemimpinan eksekutif dan kepemilikan bisnis harus dijalankan oleh tim manajemen perubahan yang berdedikasi. Selama tahap ini, biasanya perjanjian manajemen senior baru akan diusulkan dan struktur organiasi baru akan diterapkan.

Tahap 3: Dukungan tanpa henti dan hadap konsolidasi – di sini fokus terhadap dukungan tanpa henti dan peningkatan ketika perubahan ditanamkan di dalam perusahaan dianggap sebagai “cara untuk melalukan bisnis.” Tahap ketiga ini menghasilkan perubahan kebudayaan jangka panjang dan semakin sulit sepeti yang ditunjukan di dalam perubahan. Tahap ini penting sehingga menyebabkan perubahan dapat sukses di dalam organisasi yang terus berubah dan agar para pekerja dapat memahami proses perubahan serta mengerti peran baru dan kontribusi mereka terhadap kesuksesan organisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: