Rights Prosess Will Bring Great Results

GREAT THE RIGHT PEOPLE

  • Pada era sekarang, sumber daya perusahaan yang paling berharga bukan lagi orang, melainkan orang yang tepat.
  • Para CEO dan manajer harus juga merangkap fungsi Human Resources Development (HRD). Mereka terlibat di dalamnya, memilih orang-orang dalam timnya, dan kemudian menempatkan mereka di posisi yang tepat.
  • Untuk jabatan key position, CEO harus tetap turun tangan langsung dalam memilih orang untuk betul-betul mendapatkan orang terbaik.
  • Karakter adalah persyaratan utama dan nomor 1 dalam mencari orang yang tepat.
  • Carilah orang yang tepat tersebut pada awalnya di dalam perusahaan anda sendiri. Jika tidak ada barulah anda mencarinya di luar perusahaan.
  • Fokuslah pada pengembangan orang yang tepat tersebut (yang sudah berada dalam pesawat), tetapi jangan juga terlalau mengekangnya. Gunakan prinsip sediakan lahan untuk tumbuh kembang meraka. Usahakan anda mendapatkan seorang pelukis disbanding seorang juru gambar. Seorang pelukis akan memberikan warna tersendiri untuk kesuksesan perushaan anda.
  • Keberhasilan anda kelak akan diukur oleh kemampuan anda mencetak pemimpin-pemimpin baru berikutnya.

DO THE RIGHT THINGS

Right Bisnis Model

  • Carilah model bisnis di mana anda memiliki core competence nya.

Clear Vision & Mission

  • Visi misi tidak datang dari kepala sang CEO semata, tetapi juga dari seluruh tim meskipun gambaran lukisan yang diimpikan seudah ada di otaknya. Libatkan mereka agar mereka merasa memiliki visi misi tersebut.
  • Berbicaralah visi misi secara konsisten dari waktu ke waktu agar seluruh tim merasa, dan bahkan hidup dengan visi misi tersebut.
  • Gunakan strategi yang unik (winning concept) untuk mencapai visi misi tersebut.

Clear Organization

  • Tempatkan orang-orang tepat anda di tempat yang tepat pula (right people in the right place).
  • Jangan memberikan orang-orang anda job description. Berilah job responsibility kepada mereka, dan biarkan mereka menentukan job description-nya masing-masing.

DO THINGS RIGHT

Membuat aturan main

  • Aturan main ini adalah Peraturan Perusahaan (PP) dan SOP. Dengan adanya PP dan SOP ini akan membuat karyawan bekerja aman, nyaman, da nada kepastian.

Membuat system penghargaan

  • Dalam memberikan penghargaan, harus ada mix antara materi dan nonmateri. Belum tentu pemberian materi yang banyak akan memotivasi karyawan yang bersangkutan.
  • Penerapan system Key Performance Indicators (KPI) haruslah dinamis, sesuaikan dengan kondisi perusahaan dan karyawan saat itu.
  • Tambakan frekuensi pengadaan perayaan-perayaan karena perayaan akan membuat suasana pengakuan menjadi berbeda.
  • Produktivitas tenaga kerja akan meningkat dengan pemberian reward and punishment yang tepat.

Membentuk pusat pelatihan

  • Manfaatkan orang-orang internal anda sendiri sebagai trainer. Banyak manfaat yang bias diambil baik dari sisi karyawan yang bersangkutan maupun dari sisi perusahaan.
  • Tujuan dari pelatihan adalah membentuk para pesertanya dari segi heart, mind dan skill.
  • Jika ketiga hal tersebut sudah diberikan maka soul akan muncul dengan sendirinya.

Membentuk budaya perusahaan

  • Banyak perusahaan tidak konsisten menjalankan PDCA. Itulah yang membedakan mengapa perusahaan Toyota dapat menjadi perusahaan kelas dunia karena mereka mampu memutar roda PDCA dengan sangat ketat dan konsisten.
  • Rapat kerja (raker) mempuyai banyak sekalli manfaat, bukan hanya sebagai pertemuan untuk men-review pencapaian, tetapi juga alat untuk mengatur dan memosisikan orang-orang, perayaan, benchmarking, motivasi, dan membangun tim, serta coaching and counseling.
  • Genba atau melihat langsung ke lapangan merupakan salah satu fakot yang sangat penting dalam memberntuk budaya perusahaan. Malasnya orang melakukan genba menjadi penyebab dan tidak mengetahui permasalahan mengapa rencana dan pelaksaan memilki jurang yang sangat lebar.
  • Penerapan Toyota Production System (TPS) sifatnya valid untuk diterapkan di lingkungan nonpabrikan, seperti perusahaan dagang dan jasa.
  • Salah satu syarat agar kaizen bias berjalan dengan baik adalah anda mengetahui detail perusahaan.
  • Masih banyak pemimpin yang terjun mengurusi hal-hak yang bersifat operasional, dan melupakan tugas utamanya sebagai seorang ahli strategi dan penyederhana masalah-masalah yang timbul. Simplifikasi adalah masalah pola piker, biasakanlah diri anda sebagai pemimpin melihat setiap permasalahan dari atas sebuah helicopter (helicopter view).
  • Tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit untuk menghasilkan sesuatu yang besar. Hal-hal kecil jika dilakukan dengan konsisten akan menghasilkan hal-hal yang luas biasa.
  • Selalu men-benchmark (studi banding) perusahaan-perusahaan lain yang lebih baik untuk terus melakukan perbaikan, tidak boleh ada terucap andalah yang paling hebat.

Memanfaatkan jasa penasihat ahli dan IT

  • Gunakanlah penasihat ahli (advisor) dan IT untuk mempercepat proses berubahan perusahaan anda.

DO IT RIGHT NOW

Berstrategi memang mutlak diperlukan, namun tidak boleh sampai menghambat kita untuk bergerak melakukan action nyata dan segera. Dalam setiap proses harus ada eksekusi sebagai transmisi perencanaan untuk mencapai sasaran yang diharapkan. Sebaik apa pun perencanaannya tapi tanpa eksekusi, jangan harap hasil akan datang sendiri menjumpai anda di ruang kerja. Eksekusi berarti bergelutnya seseorang dalam pelaksaan sampai di lapangan, bukan menunggu mukjizat.

DO AT THE RIGHT TIME

  • Ungkapan just do it memang mengandung risiko yang cukup tinggi, tetapi sering kali memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan mereka yang terlalu banyak pertimbangan.
  • Lakukan juga sesuatu hal tepat pada waktunya, misalnya pelatihan kemimpinan untuk seorang staf biasa pada saat yang belum tepat. Berilah saat ia telah menjadi seorang supervisor.
  • Biasakanlah untuk memprioritaskan setiap permasalahan ke dalam kelompok penting (important) dan segera (urgent)/harus dibereskan. Jika hal ini tidak anda biasakan maka selamanya anda akan menjadi pemadam kebakaran.

RIGHT GROWTH

Konfirmasi kepada berbagai pihak, seperti konsumen, karyawan, supplier/principal, pemegang saham, masyarakat sekitas, dan pemerintah mutlak diperlukan untuk memastikan proses yang kita lakukan sudah benar atau belum.

YES WE ARE RIGHT

  • Teruskan proses-proses yang sudah baik pada perusahaan anda sehingga bisnis yang exist saat ini terus tumbuh bahkan melakukan terobosan-terobosan.
  • Jangan terpaku pada What Business are We In (WBAWI), serta pada visi dan misi masa lalu. Bukannya anda yang harus menyesuaikan WBAWI, visi, misi, melainkan hal-hal tersebut yang harus menyesuaikan anda dan tim tentunya. Sebaimana GE di era Jack Welch melakukan perubahan 180 derajat dengan memasuki bisnis financial.
  • Tetap berpikir out of the box, lanjutkan dengan membuka bisnis-bisnis baru sehingga kelak perusahaan anda dapat menjadi suatu holding company (korporasi).

Kesimpulan Umum

  • Kesimpulan secara umum dalam buku ini adalah orang yang tepat adalah faktor utama di atas segalanya untuk menjadikan sebuah perusahaan bias menjadi perusahaan hebat. Jangan terlalu berharap perusahaan anda mempunyai prestasi yang tinggi jika sebagian besar orang-orang dalam tim anda seharusnya berada di pesawat yang lain (bukan pesawat anda), atau masih berada di tempat duduk yang salah.
  • Setelah anda mendapatkan orang yang tepat, saatnya anda memikirkan lebih banyak mengenai hal tepat yang harus anda lakukan, proses yang tepat, hingga konfirmasi kepada berbagai pihak mengenai apakah yang anda lakukan sudahkah tepat atau belum.
  • Langkah ketujuh atau yang terakhir, yang betul-betul memerlukan out of the box thingking yaitu pengembangan bisnis. Jika proses-proses yang anda lakukan (langkah I sampai VI) sudah benar, maka sudah saatnya anda melalukan pengembangan usaha anda.

Penulis  :  Om Tjahjadi Lukiman

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: