Greating Excellence A Never – Ending Journey

Management is mindset” begitu tutur T.P. Rachmat yang pernah 18 tahun menakhodai Astra Internasional. Bahkan lebih lanjut dikatakannya “Everything starts with mindset“. Pertanyaan, mindset seperti apakah yang perlu dimiliki seorang pebisnis untuk menjadikan usahanya unggul ?

Merujukbalik pengalamannya yang begitu luas dalam memimpin Astra Group, pendiri Triputra Group ini menyederhanakan kompleksitas pengembangan keunggulan usaha pada 4 bidang :

  1. Pemilihan model bisnis yang tepat. Pengertian business model, adalah pilihan terhadap bentuk suatu bisnis. Bentuk suatu bisnis ini menurut Teddy harus memperhatikan 3 hal penting, yaitu : how to buy, how to make, how to sell. ‘Buy-make-sell’ tersebut, menurut Teddy sebaiknya tidak tergantung kepada orang lain sehingga ‘bisa beli murah – jualnya mahal’. “Kalau business model nya tergantung orang lain, suatu ketika akan diambil. Kita harus selalu bergerak di daerah yang subur bukan di daerah yang kering. Apapun business-model yang akan kita tempuh, sebaiknya core competence-nya kita miliki”.  Agar selalu berada di daerah yang subur, Teddy selalu melihat trend. Ia mengatakan, ” Saya selalu melihat ke depan. Tidak melihat ke belakang.” Ia memperhatikan perubahan lingkungan bisnis yang mempengaruhi buy-make-sell dari bisnis tersebut.
  2. Pengelolaan proses berkelas dunia. “Untuk menghasilkan Result yang baik, maka diperlukan Proses dan Sistem yang baik. Untuk menjalankan Proses diperlukan People yang kompeten. Dan itu harus didukung dengan Kultur yang baik.  Dan kesuksesan itu diciptakan dan diusahakan, bukan datang sendiri nya”, kata Teddy. Result adalah alat ukur keberhasilan sebuah proses. Pada akhirnya ada 3 (tiga) hal yang akan kita potret dan kontrol, yaitu : financial review, process review dan prosess review. Result itu diperlukan untuk memeriksa (checking). Seperti halnya jika kita memiliki kolesterol, kita juga perlu mengecek berapa tingkat kolesterol tersebut, agar kita bisa mengetahui harus meminum obat apa dan melakukan olahraga apa. Jika result pada akhirnya untuk melihat “how good you are“, karena kita juga pada akhirmya berusaha untuk mengejar standar yang telah ditetapkan. Saya sangat mengagumi Toyota. I believe in benchmarking & best practices. Pesan saya adalah jangan kita pernah merasa mapan. Sekali kita merasa sudah mapan, maka kita akan berhenti. Kita harus selalu merasa hungry, hungry, and hungry, agar kita selalu lebih dan lebih, melakukan continuous improvement dan menemukan inovasi-inovasi baru.
  3. Pemilihan dan Pengembangan SDM yang tepat. Proses dalam hal develop people : pilih benih yang baik (TALENTA, KARAKTER & KEMAUAN) dan ciptakan tanah yang subur. Pastikan orang tersebut dapat “perform“. Pasti benih tersebut bisa jadi pohon yang bagus dan memuaskan. Sedangkan dalam pengelolaan SDM atau HRD. Ia mengatakan ada 10 hal penting : (1) Komitmen untuk mengerti orang, (2) Komitmen untuk membenahi ke-HRD-an secara fundamental, (3) Memposisikan Organisasi HRD untuk menjalankan peranan penting dalam organisasi, (4) Berani memberikan empowerment, (5) Berani merotasi orang, (6) Mempercayai proses lebih daripada hasil, (7) Generous dalam memberikan reward, (8) Selalu mengampuni orang yang ‘fault of work‘, (9) Kemampuan mendengarkan, (10) Kemauan yang kuat untuk terus belajar.
  4. Penyediaan budaya perusahaan yang kondusif. Sama seperti sebuah bangsa, kemajuannya diperoleh karena kultur yang dibangunnya. Jadi kalau mau maju, saya percaya bahwa itu harus dimulai dari membangun kultur terlebih dahulu. Mengapa ada bangsa yang maju dan ada yang tidak ? Jawabannya…. kultur! Kadang-kadang kultur juga bisa diubah oleh pemimpinnya, seperti yang dilakukan Lee Kwan Yeuw saat membangun Singapura.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: