Strategic Management ACER In 2001: The Organization

1.  Make analysis of PETS : Politics, Economics, Technology and Societal Values and Lifestyle and make your own recommendation for PETS

  • Politics

Hubungan politik suatu negara dengan negara lain sangat mempengaruhi kelancaran pemasukkan barang ke negara tersebut dan juga akan mempengaruhi penjualan barang di negara tersebut. Hal ini terjadi pada ACER, dimana hubungan Taiwan dan Mainland China tidak begitu baik sehingga pengenalan ACER brand rendah dan penjualannya hanya US$ 187,5 million, jauh dibelakang market leader seperti Legend and Founder meskipun ACER dan Legend adalah produk yang serupa.

  • Economics

Industri komputer mengharapkan pertumbuhan sebesar 10% setiap tahun. Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh keadaan ekonomi di negara tersebut, keadaan ekonomi memiliki dampak terhadap daya beli pelanggan. Selain itu perubahan inflasi dan fluktuasi juga ikut mempengaruhi keuntungan perusahaan.

  • Technology

Industri ini menekankan pentingnya kemajuan teknologi. Peubahan-perubahan teknologi yang cepat juga dibutuhkan untuk dapat bersaing. Dalam kasus ini, Acer memiliki pengetahuan, pengalaman, kemampuan serta akses yang baik untuk advance technology.

Keunggulan dalam teknologi juga merupakan salah satu kunci bagi Acer untuk mempertahankan dan meningkatkan posisinya sebagai leading manufacture personal computer.

  • Societal Values and Lifestyle

Perkembangan teknologi yang tajam serta menurunnya harga barang-barang elektronik menyebabkan berkembang pesatnya penggunaan komputer dan internet di kalangan masyarakat. Awalnya hanya kalangan eksekutif dan pekerja kantor yang menggunakan internet dan komputer. Namun saat ini pengguna komputer dan internet berkembang pesat mulai dari pelajar, mahasiswa sampai ibu rumah tangga.  Oleh karena itu, trend yang terjadi ini akan sangat mempengaruhi perkembangan Acer dalam mencapai tujiannya. Lebih lanjut, rencana ekspansi Acer ke Cina merupakan langkah yang tepat mengingat besarnya pasar Cina serta berubahnya gaya hidup masyarakat Cina.

Rekomendasi

Strategi Acer untuk menindahkan lokasi produksi serta target pemasarannya dari USA dan Eropa ke Amerika merupakan langkah yang baik. Namun untuk memperkuat posisi Acer untuk menjadi leading company sebaikanya Acer bekerja sama dengan perusahaan lokal agar Acer memperoleh pengetahuan yang lebih baik mengenai kondisi pasar yang sebenarnya, supplier-supplier lokal yang qualified dan dianggap produk dalam negeri sehingga memperoleh perlakuan yang sama dengan perusahan-perusahaan lokal.

Selain itu juga, ACER dapat melakukan promosi yang lebih gencar seiring dengan baik nya kualitas produk-produknya walaupun diproduksi di Cina, selain itu lebih banyak promosi dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand ACER sendiri. (karena untuk pasar Cina ACER masih perlu menunjukan bahwa produknya masih lebih baik dibandingkan produk-produk lokal).

Lebih lanjut, sekali lagi ditekanan bahwa efisiensi dalam segi biaya juga harus dipertimbangkan. Misalnya Acer dapat mengadopsi filosofi Toyota dengan sistem Just in Time (untuk mengelola persediaan), Kaizen (perbaikan berkesinambungan) dan Jidoka (kualitas) yang tentunya memerlukan dukungan dan keterlibatan Board of Director dalam mengimplementasi sistem baru.

2.  Make analysis Personal Computer using Michael Porter’s Five Forces Framework. Make a recommendation of strategic Direction for the company

  • Threat of New Entrants

Ancaman untuk munculnya pemain baru dalam  industri ini terbuka lebar, karena teknologi yang diaplikasikan sudah tergolong umum, tetapi untuk masuk ke industri ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga jumlah pemain baru dalam industri ini tidak berkembang terlalu banyak. Hal tersebut juga didorong oleh fakta bahwa pendistribusian produk pemain-pemain yang sudah lama bergerak dalam industri ini sudah mendunia atau global, yang menyebabkan persaingan pemain baru hanya terbatas dalam lingkup lokal ataupun regional suatu negara. Namun perlu diketahui bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk munculnya pemain-pemain baru yang berpotensi untuk menglobal jika mereka menawarkan diferensiasi ataupun cost leadership ke pasar.

  • Threat of Subtitutes

Pengganti PC, yaitu Laptop atau Notebook adalah produk yang sangat populer karena kemudahannya dan mobilitasnya, tetapi dalam industri PC, Acer tidak perlu mengkhawatirkan ancaman yang berarti dari produk penggantinya ini, karena dari sisi harga laptop atau notebook ini jauh diatas PC. Selain itu, Acer sendiri memproduksi produk-produk tersebut sehingga diharapkan bahwa customer Acer tidak akan pindah ke kompetitor lain.

  • Bargaining Buyer Power

Level diferensiasi produk dalam industri ini tidak terlalu jauh, sehingga customer memiliki bargaining power yang sangat besar karena mereka dengan mudahnya pindah ke produk lain tanpa mengkhawatirkan perbedaan teknologi dan fitur-fitur yang terdapat dalam satu PC.

  • Bargaining Supplier Power

Acer memiliki banyak supplier untuk memproduksi produk-produknya. Apalagi Acer sudah mendunia. Hal ini berarti Acer bukan hanya harus bekerja sama dengan supplier-supplier lokal, tapi Acer juga harus mampu bekerja sama dan membina hubungan yang baik dengan supplier-supplier luar (global). Selain itu karena Acer memproduksi secara massal (jumlah yang besar) seharusnya Acer memiliki bargaining power yang besar terhadap suppliernya, karena Acer selain memproduksi barang dengan brand sendiri, Acee juga merupakan kontraktor manufaktur untuk perusahaan-perusahaan PC besar seperti HP dan IBM. Selain itu, dan diakuisisinya perusahaan-perusahaan supplier oleh Acer, maka bargaining power Acer tentunya akan bertambah, dimana di beberapa negara, bahkan Acer melakukan join venture  dengan supplier-supplier lokal melalui anak perusahaannya.

  • Industry Rivalry

Kompetitor dalam industri ini terus bertambah, tetapi karena untuk masuk ke industri ini sulit (butuh modal yang besar dan perubahan yang cepat), maka komptitor dalam industri ini terbatas pada pemain-pemain lama yang aktif bersaing dengan mengeluarkan produk baru dan berkompetisi di segi harga, promosi, dan teknologi. Selain itu, perubahan teknologi yang pesat juga mempengaruhi sehingga kompetitor yang tidak update dengan teknologi baru atau tidak efisien dalam operasionanya akan dengan mudah keluar dari industri ini.

–          US : Compaq, Dell, IBM, dan Hewlett-Packard

–          China : Legend, Founder, Great Wall, TCL, Tsinghua Tongfang, Hisense

–          Worldwide : Toshiba, Fujitzu Siemens, NEC, Sony, Apple

Rekomendasi

Dengan melihat pada analisa diatas, maka dapat disimpulkan bahwa produk Acer sangat dipengaruhi oleh customer, sehingga reorganisasi yang dilakukan Acer dengan memindahkan fokusnya kepada customer sudah benar. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah harga, karena sulitnya bersaing dengan diferensiasi produk, maka customer akan sangat dipengaruhi oleh harga, yang menyebabkan Acer harus lebih efisien dan efektif dalam segala proses yang dilakukannya. Misalnya dalam sistem operasionalnya menggunakan sistem Just In Time dalam mengelola persediaannya, seperti yang dilakukan oleh Toyota untuk meminimalisasi biaya yang harus dikeluarkan dalam mengelola persediaan. Selain itu untuk meningkatkan kualitasnya Acer harus melakukan perbaikan yang berkesinambungan dan bekerja sama dengan supplier-supplier yang qualified.

3.  Make a detail analysis of SWOT and make a clear mapping for ACER in personal Computer industry

Strengths

  • Brand image acer sudah cukup dikenal di dunia kususnya di Taiwan, Eropa, dan di Amerika utara. Acer selalu membuat peningkatan sehingga mereka masuk posisi ke 4 dalam industry CPU terbesar, posisi ke 3 dalam industry laptop terbesar, dan posisi ke 4 dalam industry LCD monitor di dunia. Salah satu cara yang Acer Komputer untuk mempromosikan brandnya adalah menjadi sponsor
    Asian Games 1998 dengan menghabiskan biaya sekitar $ 10.000.000 US. Cara lain adalah Acer Komputer memperkenalkan brandnya adalah bermitra dengan perusahaan di luar negeri. Dengan melakukan ini, Acer Computer yang secara keseluruhan mencapai falsafah “merek global, sentuhan lokal”, dan juga berharap untuk memajukan persepsi sebagai merek global.
  • High Employee Efficiency. Effisiensi karyawan perusahaan diukur sebagai total pendapatan per karyawan yang cukup tinggi disbanding dengan perusahaan-perusahaan lain. Effisiensi karyawan mencerminkan bahwa mereka telah mampu memanfaatkan sumber daya manusia.
  • Increasing presence in ASIA and North America. Selama tahun 2006, pendapatan perusahaan dari operasi di ASIA dan Amerika utara meningkat sebesar 54,5 % untuk di wilayah Amerika Utara dan 37,2% untuk wilayah ASIA. Pasar di ASIA dan Amerika Utara merupakan pasar-pasar baru bagi perusahaan. Peningkatan ini menunjukan bahwa ACER terus berkembang.

Weakness

  • Low return. Pendapatan rata-rata ACER jauh lebih rendah dari perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Selama 5 tahun average return on assets hanya 6,2%, average return on investment hanya 11,9% dan average return on equity hanya 12,9%. Kelemahan ini menunjukan ketidakmampuan pengelolaan asset untuk mendapatkan keuntungan (laba), hal ini dapat mengurangi keyakinan investor untuk menanamkan modalnya di ACER.
  • Dependence on few key buyers and suppliers. Acer sangat tergantung pada jumlah pelanggan untuk menghasilkan pendapatan yang besar. Pada tahun 2006, keuntungan perusahaan didapatkan sebesar 66% dari total pendapatan dari dua pelanggan, dan keuntungan perusahaan didapatkan sebesar 70% dari total pendapatan dari pelanggan di tahun 2005. Tidak adanya diversifikasi pelanggan membuat perusahaan sangat bergantung kepada beberapa pelanggan. Karena tidak adanya kontrak jangka panjang, kehilangan atau pengurangan pemesanan oleh pelanggan besar akan mempengaruhi keuangan ACER. Demikian juga, perusahaan akan sangat tergantung pada sejumlah pemasok komponen terkait untuk TI. Empat pemasok utama menyumbang 64% dan 62% dari total penjualan perusahaan pada tahun 2006 dan 2005. Ketidakmampuan pemasok untuk menyediakan komponen yang cukup untuk Acer pada waktu-waktu tertentu dapat membahayakan kemampuan perusahaan untuk memenuhi pesanan, sehingga kehilangan pendapatan.
  • Declining margins. ACER yang beroperasi selama lima tahun rata-rata profit margin dan net profit margin untuk periode 2002 hingga 2006 adalah 1,5% dan 3,6%, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata industri dari 6% dan 6,1% untuk periode yang sama. Lemah margin menunjukkan struktur biaya yang tinggi dan dapat mempengaruhi adversely perusahaan posisi keuangan jangka panjang.

Opportunities

  • Increasing global IT spending. Belanja TI di seluruh dunia ini diharapkan akan meningkat dari $ 1,2 triliun pada 2006 menjadi $ 1,5 triliun pada 2010. Belanja Hardware dalam pasar di seluruh dunia diperkirakan mencapai $ 562 miliar pada 2010. Meningkatnya pengeluaran dalam volume pada server, peripheral dan penyimpanan, dan peralatan jaringan global terutama didorong oleh peningkatan belanja dari rumah bisnis dan konsumen, komunikasi, dan sector pemerintahan. Acer menawarkan pelanggannya berbagai diversifikasi produk, dan layanan TI, termasuk desktop, notebook, server, PC, dan E-layanan yang memungkinkan. Pertumbuhan belanja TI dapat menyediakan perusahaan dengan suatu kesempatan untuk meningkatkan pendapatan dan pangsa pasar.
  • Expanding global LCD display market.  Peningkatan permintaan untuk liquid crystal display (LCD) ntuk layar televisi ini diharapkan akan meningkat menjadi $ 42 miliar pada tahun 2007. LCD industri akan booming dengan harga TV LCD yang cukup murah hal ini disebabkan oleh besar kapasitas produksi di Korea Selatan dan Taiwan. Yang beralih dari tradisional sinar katoda ke LCD diharapkan menjadi perubahan terbesar dalam teknologi TV, sejak perubahan dari hitam dan putih menjadi televise berwarna. Acer menawarkan proyeksi LCD dan peralatan yang baik untuk mendapatkan posisi yang positif dari pasar ke depan.
  • Growing PC market. Permintaan PC yang berkembang di seluruh dunia. Pengiriman Global PC diharapkan meningkat menjadi 264 juta unit di tahun 2007, meningkat sebesar 11,2% dari 239 juta di tahun 2006. Pengiriman laptop yang diharapkan meningkat mencapai hampir 40% dari total pasar PC 2007. Perusahaan yang menyediakan berbagai macam komputer dan laptop, termasuk Veriton, AcerPower, Ferrari, TravelMate dan Aspire seri,untuk pengguna rumahan dan pengusaha.

Threats

  • Economic slowdown in Eurozone. Menurut laporan keuangan dunia  oleh IMF, pertumbuhan GDP pada Eurozone akan mengalami penurunan pada tahun 2008. Pertumbuhan GDP di Eurozone diramalkan akan mengalami penurunan dari 2,6% pada tahun 2006 menjadi 2,3% pada tahun 2008. Kondisi ekonomi yang lemah pada Eurozone untuk dapat memberikan tekanan pada pendapatan perusahaan
  • Intense competition. PC industri didominasi oleh beberapa merek besar dan kecil beberapa merek dan generik kompetitor. Perusahaan menghadapi persaingan keras dari merek pesaing seperti Apple, Dell, Fujitsu, Hewlett-Packard, Lenovo, Toshiba, Palm, Siemens, dan Sony. Perusahaan juga menghadapi persaingan signifikan dari generik PC. Dalam beberapa tahun terakhir, industri ini memiliki berat yang dihadapi harga tekanan. Ketat mengancam untuk melongsorkan perusahaan mengurangi margin dan pangsa pasar.
  • Commoditization of personal computers. Pengguna PC dapat merakit spesifikasi komponen-komponen dalam PC. Sehingga para pengguna tidak perlu membeli PC dengan brand tertentu.

Dell, HP dan IBM (sekarang Lenovo) tiga competitor yang top. Di antara saingan Acer, Dell memiliki porsi terbesar di pasar PC global. Acer memelopori Penjualan Langsung Model dan Just-in-Time (JIT) manufaktur di industri PC. HP, pemain terbesar kedua di segmen PC bermerek, juga merupakan pemimpin global di segmen printer inkjet dan scanner. IBM adalah merek PC ketiga terbesar di dunia sampai menjual divisi PC-nya ke perusahaan Cina, Lenovo, untuk AS $ 1,75 miliar di tahun 2005. Ini bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas IBMs dengan berfokus pada layanan dan divestasi bisnis PC dengan marjin rendah.

4.  Make analysis from five generic competitive strategy. What do you want to recommend for ACER ltd for its future strategy

Pada tahun 2000, Acer menekankan operasi industri supaya terfokus pada pemasaran produk-produk mereka yang sudah terkenal yaitu desktop, mobile PC,  server, storage, alat-alat komputer, dan solusi e-business untuk bisnis, pemerintahan, pendidikan, dan rumah tangga secara global/mendunia.

Market share Acer Indonesia 14,3 %, angka ini tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena banyak vendor saingan lainnya seperti HP, Toshiba, dan Sony.  Sedangkan untuk market growth tergolong tinggi, karena dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sehingga Acer Indonesia tergolong wild cat.

Meskipun upaya diversifikasi dan bergerak di luar bisnis marjin yang rendah dari PC
perakitan, Acer yang pertama dan utama perusahaan PC. Sebagai produsen peralatan asli untuk Amerika Serikat dan Jepang pembuat PC, Acer telah mengasah proses produksi dan menurunkan biaya produksi, membantu untuk membuat merek PC sendiri lebih kompetitif. Ini telah berhasil mempromosikan merek sendiri di pasar negara berkembang di Asia dan Amerika Latin, di mana mendapatkan memimpin awal dengan mengembangkan usaha patungan di banyak negara dan penargetan pasar-pasar, sementara pembuat PC lainnya berfokus pada pasar yang lebih besar. Didukung oleh biaya-rendah, gaya model Aspire, Acer bahkan masuk ke 10 besar di pasar AS pada tahun 1995. Sejak itu, bagaimanapun, PC bermerek Acer telah kehilangan pangsa pasar, namun bisnis OEM terus tumbuh dengan kontrak besar dari IBM dan lain-lain. Acer sekarang dikatakan menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia, meskipun nama merek sendiri hanya peringkat kedelapan pada tahun 1998.

Strategi bisnis Acer disajikan dalam dibandingkan dengan tiga vendor teratas PC, Compaq, IBM dan Dell. Acer telah menjual PC merek namanya sendiri melalui saluran tidak langsung, namun kini menawarkan penjualan online langsung di AS juga bergeser dari membangun untuk meramalkan produksi untuk membangun untuk memesan, tren dilihat seluruh industri. pasar-pasar utama Acer telah pelanggan bisnis kecil, konsumen dan pelanggan OEM, sedangkan pemain utama seperti IBM, Compaq dan Dell berkonstrasi pada sektor korporasi besar.

Acer mempunyai 3 strategi utama :

  • Marketing  its  own  brand  through  channel distribution.
  • Localized logistics.
  • Global vendor chain management.

Rekomendasi Strategies of New ACER.

  • Tetap mempertahankan 3 strategi utama yang telah mereka terapkan
  • Tekankan pada keuntungan lebih daripada pertumbuhan pendapatan
  • Meningkatkan daya saing dan mengambil lebih agresif dalam strategi dan aksi Cina Daratan dengan berfokuskan pada low cost dan low price
  • Diversifikasi pemasok OEM untuk menikmati keuntungan dari outsourcing
  • Reallocate sumber daya baru di dunia – MegaMicro e-bisnis
  • Continue divesting non-core investments

Global implementation strategies

  • For the selected markets with competitive-edge, develop current & new products.
  • For the weak markets, carry more products only after the health condition is improved.
  • Operate e-business, starting from Taiwan and extending to Mainland China
  • Leverage e-business knowledge developed in Greater China to create new innovative products

5. In the appendix, you will find the ACER’s financial figures from 2006 – 2008.  Do you think that ACER’s 2001 reorganization plan was successful in 2001? Please make analysis to support your judgment. And also, please make an improved strategic move for ACER in 2014. Also the impact of the strategic move in projected 2014 financial figures

Menurut data keuangan tahun 2006-2008, pendapatan Acer meningkat cukup signifikan disertai dengan kenaikan biaya operasi yang jauh di bawah kenaikan pendapatan Acer. Hal ini menunjukan berhasilnya efisiensi yang dilakukan oleh Acer dalam memproduksi dan memasarkan produknya (pada tahun 2006-2007, pendapatan Acer naik sebesar 24%, sedangkan biaya operasinya hanya naik sebesar 8%).

Namun pada tahun 2008 EPS Acer mengalami penurunan sebesar 14%. Hal ini menujukkan bahwa strategi Acer belum terlaksana secara maksimal dimana investor belum mendapatkan hasil yang maksimal atas investasi yang mereka lakukan. Namun perlu diketahui bahwa hasil dari suatu restrukturisasi memang tidak dapat dipastikan dalam jangka pendek.  Perlu jangka waktu yang panjang untuk mengetahui keberhasilan perusahaan dalam melakukan restrukturisasi karena restrukturisasi meliputi perubahan yang signifikan dalam suatu perusahaan sehingga banyak faktor yang memerlukan perhatian mendalam. Selain itu banyak juga faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan yang mempengaruhi kinerja perusahaan seperti keadaan ekonomi dunia, regulasi pemerintah dan lain-lain.

Reorganization yang dilakukan oleh  ACER:

  • Pemotongan biaya secara besar-besaran
  • Fokus geografi akan berpindah dari United State, dimana beberapa operasi akan ditutup, ke Eropa dan Asia (khususnya Greater China)
  • Bisnis filosofi ACER diganti dari pembuat komputer dan perangkat keras elektronik menjadi sebuah organisasi service dan marketing dengan cara membangun e-business service.
  • Group ACER akan dibagi menjadi 3 divisi: ACER Brand Operation (ABO), DMS, dan Holding and Investment Business (HIB).
  • Membatasi variasi produk yang dijual dan standar komponen digunakan di beberapa model berbeda dengan harapan akan memotong jumlah penggunaan persediaan, biaya marketing, dan mempertinggi skala ekonomi.
  • Menjual investasi yang bukan inti dari perusahaan dengan harapan akan lebih fokus.

Secara keseluruhan meskipun pada tahun 2008 keadaan ekonomi dunia sedang terpuruk, Acer masih memperoleh peningkatan operating income sebesar 28% sehingga dapat dikatakan bahwa reorganisasi yang dilakukan Acer cukup sukses.

Analisis 7P :

  • Price : Harga ACER selalu di bawah harga kompetitor, untuk menggaet pasar yang price sensitif, tapi ada juga pada beberapa produknya bermain di pasar dengan price premium
  • Products: Desktops, Notebooks,Tablet PCs, Servers and storage, Handhelds, Monitors, Projectors, Digital still cameras (DSC), Liquid crystal display television (LCD TV). Services:  e-enabling services business, e-enabling information platform services, Enterprise e-caring services. Brands: Acer Altos Aspire Ferrari Gamers Mainstream Office P series and Performance Prestige Tablet PC TravelMate value Veriton X series
  • Place. Setelah menguasai taiwan, tujuan pemasarannya adalah di US, tetapi karena di US produk acer kalah bersaing dengan dell dan compact serta perkembangannya kurang begitu baik maka acer mengalihkan tujuan pasarnya ke Eropa dan Asia. Untuk di Asia tujuan utamanya adalah Cina daratan karena di sana konsumen perorangannya sangat besar jumlahnya dan juga ongkos produksinya murah (tenaga kerjanya murah), namun ada masalah politik antara cina dan taiwan, dimana hal itu dapat mempengaruhi kinerja perusahaan acer.
  • Promotion. ATL: Masuk ke majalah terutama majalah computer dan website dan BTL: Sponsorship event-event besar seperti Formula 1.
  • People. Menggunakan sistem desentralisasi sehingga untuk membuat keputusan dan   pembuatan strategi akan memakan waktu lebih singkat dan efisien. Sistem ini juga memungkinkan setiap divisi untuk focus pada tugasnya masing-masing. Mengefisienkan jumlah pekerja sehingga karyawan acer semua adalah karyawan yang kompeten.
  • Process. Acer Inc memiliki 3 proses besar yang utama : ABO (acer brand operation), HIB (holding & investmen bisnis), dan DMS (Design, manufacturing n services).
  • Physical evidence. Pada awalnya acer hanya memproduksi produknya di Taiwan, namun karena berkembang ke daerah lain maka acer juga menambah jumlah pabrik pembuatan di daerah yang memiliki potensi customer yang besar. Juga dimaksudkan untuk menekan biaya sehingga cost yang dikeluarkan oleh acer menjadi efisien.

Strategic peningkatan untuk Acer tahun 2014 :

  • PC Distribution Channels. These include specialty computer dealers and value-added resellers (VARs), which play a key role in customizing systems and services to meet the individual needs of business customers. In addition, PCs are now sold by computer superstores, department stores, electronics stores and other retail outlets, which provide varying levels of service and support. All of these outlets are supported by distributors, who handle a number of brands and a wide array of product lines. This distribution network is referred to as the indirect channel or just “the channel,” and accounts for the majority of PC sales even today
  • Funder/CEO’s Vision. It is Shih’s company that has actually positioned the PC as an  aesthetically  pleasing  home  appliance,  and this   philosophy   is  summed   up   in   the   new corporate mission statement: “Fresh Technology Enjoyed by Everyone,  Everywhere.”
  • Customer Focus. Acer Computer is, thus, repositioning   itself   to   become   a   customer- centric  intellectual-property and service company, as signified by its new slogan: “Acer, Bringing  People and Technology  Together.“.
  • Brand Marketing. One way in which Acer Computer is trying to manage  the perceptions  of its audience  and getting them to think of the company as a major player  is through  more  international  exposure. Another way Acer Computer is managing customers’ perception of the company is by partnering overseas companies. By doing this, Acer Computer  achieves  its overall  philosophy of “global brand, local touch,” and also hopes to further the perception of being a global brand.
  • Cost Leadership and Going Professional. Acer separates its manufacturing  brand and its consumption  brand, in order that it will not affect the rights of OEM clients, or the growth potential   of   its   own   brand.   It   also   takes advantage of outsourcing and leads to cost advantage.
  • Centralizing Management. Empowered   by  a high  degree  of  autonomy,  each  branch  could adjust  their  organizational structure  and management model according to the specific conditions  of  the  associating  market.
  • Creating a Global Grading for Jobs and Pay. The  Global  Grading System  is  based  on  the  competencies  and  job levels   of   the   jobs.   The grading method   is correlated   to   the   reward   system,   which   is designed  to  motivate  performance.
  • Continuously adopt the “3-One, 3-Multiple” strategy, enhance “One-company, One-brand, One-Team” policy and “Multiple-Suppliers, Multiple-Products, Multiple-Channels” business models, with the global competitive experiences, possess empowering technology, speed, quality controls and have flexible supply chain management, risk management, win-win strategy, and implement corporate governance.
  • Fully leverage Chinese culture advantages, implement the workable “New Channel Business Model” in Chinese market, also enhance the efficiency of inventory and expense management, brand advertisement, and offer the competitive prices of digital life services.
  • Fully leverage Taiwan advantages in research, design and innovation to ensure the abundance of raw material resources and the competitiveness of product cost.
  • Invest IT management and security. Due to the improvement of world economy and investment environments, enterprises will invest more and more on IT related areas.
  • Continuously invest the projects conducted by Product Value Lab. Product Value Lab has gained a prominent achievement in “Empowering Technology” and other products and services innovation.
  • The more popularity and low cost of broadband and wireless helps the long distance IT service. Company will make use of this opportunity to achieve the IT service business.

Dengan menerapkan strategi diatas, maka pendapatan dan strategi Acer diharapkan sebagai berikut:

  • Increasing sales revenue for 40% in 2014.
  • Qualify prospective partners and suppliers
  • Keep fully up to date on Acer competitors’ business structure, strategy and prospects
  • Create more effective competitive strategies based on the financial and SWOT analyses of the detailed in this report.
  • Benchmark Acer’s performance against financial performance, market share by company and category.
  • Identify and target future growth areas from previous analysis in this report of the acquisitions and divestments made, and strategies for growth.
  • Understand the key trends in the market and the impact expected to have on the market including emerging markets, commoditization, private label brands, price competition and PC market maturity.

 Editor : Felix Yuwono

Tags: , , , ,

One response to “Strategic Management ACER In 2001: The Organization”

  1. toko fashion says :

    You’re in truth beautiful webmaster. The web page launching rate will be outstanding. The idea variety of thinks that you will be performing any unique technique. Furthermore, This belongings usually are mona lisa. you will have completed an awesome exercise within this issue!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: