Website : Burger King Vs McDonald’s

Temen2 pasti udah tau donk Burger King dan McDonald’s. Lha…Kenapa sih McDonald’s selalu dibanding-bandingin dengan Burger King?? Pertama sih karena mereka saling berkompetisi di bidang yang sama, yaitu fast food restaurant yang menjual burger simplenya, Kedua, sama-sama franchise terkenal untuk contoh fast food restaurant. Emang sih kalau mau membedah Burger King Vs McDonald’s kita bisa melakukannya dari berbagai macam sisi entah apa itu dari sudut pandang marketing, technology, manufacturing, ethical, dsb… Tapi, pada kesempatan kali ini, saya mau sedikit mengulas (membandingkan) isi website dari Burger King dan McDonald’s. OK..Let’s Start.

1. Burger King

Home Page Burger King

* Tampilan gambar diatas adalah tampak layar utama (Home Page) dari website Burger King, dari tampilan halaman  utama, BK lebih kelihatan menonjolkan sisi fun, cool dan lebih ke anak muda. (menu nya kebanyakan sampai bingung tuh, disetiap kotak diatas tuh merupakan menu, disitu ada cuplikan iklan, menu, informasi gizi, dll)

-Menu Whopper Jr, menu ini menarik sekali menurutku karena sesuai dengan konsep Burger King yang bisa customize sesuai dengan keinginan konsumen. Disini, kita bisa meracik sendiri menu yang kita inginkan selain bisa meracik burgernya sendiri, setiap penambahan dan pengurangan terhadap bahan yang dilakukan, kita bisa memantau seberapa banyak perubahan pada nutrisi dan kalorinya. (sangat cocok bagi konsumen yang peduli pada kesehatan). yang lucu lagi, setelah kita tekan button “add to the meal” kita bisa mengeprint pesanan yang kita inginkan, sehingga pada saat kita mau beli di counter BK kita tinggal kasih liat aja tuh hasil racikan kita sendiri ke pelayannya. oh ya disini juga dikasih tau kira2 bahan2 yang bisa menimbulkan alergi dari pesanan makanan km apa saja apakah telor, kedelai, keju atau yang lainnya.

Kelebihan website Burger King :

  • sangat interaktif dan menarik
  • info sangat lengkap dan sesuai dengan core BK sendiri yaitu bisa customize, website ini juga dapat meracik sendiri  makanan yang diinginkan. Selain itu, informasi mengenai proses franchise juga lengkap
  • ada juga info mengenai career di Burger King

Kelemahan website Burger King:

  • akses untuk membuka halaman cukup berat karena animasi terlalu banyak
  • button “back”nya tidak ada, navigator buttonnya kurang, adanya untuk ke menu “home” saja, padahal beberapa user kan sering menggunakan button “back” tidak hanya “home”.
  • menu terlalu banyak, dan rada ribet lihat home pagenya

2. McDonald’s

Home Page McDonald’s

* Tampilan gambar diatas adalah tampak layar utama (Home Page) dari website McDonald’s. Kalau tampilan halaman utama McD lebih kelihatan simple, user friendly, sasarannya older than BK –> kalau dari pendapatku, tampilan McD lebih enak diliat mata

–  menu McCafe, terdapat iklan pendek berupa video yang secara sekilas menunjukkan bahwa McDonald’s cocok untuk disantap di acara apapun, entah itu debate, party, date atau yang lain-lain. pada menu ini, terdapat sub menu “explore the many flavors of McCafe” dimana isinya terdapat animasi flash dari menu-menu yang ada di McCafe — gambarnya betul2 menggugah selera.

– menu food, nutrition, and fitness terdapat beberapa sub menu yang intiya ingin menceritakan bahwa McDonald’s terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan diproses secara benar sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi..dimenu ini ada juga list nutrisi dari setiap menu yang ada di McD, selain itu, di menu ini kita bisa melakukan perbandingan dari beberapa jenis makanan berdasarkan kandungan nutrisinya.

– menu “Work@McDonald’s” –> Dimana disini dijabarkan beberapa point penting mengenai karir di McDonald’s seperti Success Story, Corporate Careers, Restaurant Career, Job Profile, Company Profile, dan masih banyak lagi.

Kelebihan website McDonald’s:

  • user friendly
  • design simple tapi masih tetap menarik
  • kecepatan aksesnya tidak terlalu lama, karena animasi tidak terlalu banyak

Kekurangan website McDonald’s :

  • susah untuk kembali ke halaman sebelumnya ( di beberapa halaman tidak ada button “back”-nya)
  • informasi tidak selengkap Burger King

Jadi, persamaan antara Burger King dan McDonald’s :

–  segmentasi : untuk semua usia

–  mempunyai positioning yang jelas

–  target konsumen yang jelas

Perbedaan antara Burger King dan McDonald’s :

– Dilihat berdasarkan penawaran produk yang diberikan McD kepada customernya maka ia memberikan packet hamburger yang bersifat standard/uniform (Fixed Packet), sementara BK lebih bersifat customized packet. Fixed packet berarti packet yang ditawarkan oleh McD adalah packet yang sudah tidak bisa diubah-ubah lagi, sedangkan customized packet berati packet yang ditawarkan dapat lebih fleksibel (sesuai dengan keinginan konsumen), contohnya : ketika kita membeli hamburger di BK (misalnya packet Whooper) maka pembeli bisa menambahkan atau mengurangi packet yang telah ditawarkan tersebut (misalnya Whooper gak pake mentimun atau sayur-sayur yang lain) sementara di McD tidak demikian, di McD pembeli sudah menerima jadi packet yang telah disediakan oleh McD, ketika ingin melakukan penambahan atau pengurangan komponen pada packet yang telah disediakan maka itu sudah di luar kewajiban McD.

– differsiasi proses dan differensiasi layanan. Output dalam hal ini bisa dilihat dari berbagai macam sisi, baik customer, tingkat keuntungan yang diperoleh, produktivitas dan lain-lain. Dalam hal ini output jika dilihat dari sisi market share-nya maka antara McD dan BK memiliki persentase yang cukup signifikan, McD memiliki market share sebesar 35 % dan BK sebesar 11%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: